Senin, 04 Maret 2013

DEFINISI KESEHATAN (TUGAS KESEHATAN MENTAL)

Definisi Kesehatan :

Dikutip dalam sebuah artikel maxnews.com  yang membahas kesehatan menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO adalah suatu keadaan yang sempurna baik fisik , mental dan sosial tidak hanya terbebas dari penyakit atau kelemahan .

Lebih dalam ada empat komponen terpenting yang merupakan satu kesatuan dalam difinisi sehat . Satu dan lainnya tidak dapat dipisahkan .
Komponen kesehatan itu diantaranya :
  • Kesehatan Jasmani
Sehat jasmani merupakan komponen penting dalam arti sehat sutuhnya , berupa kulit man-usia yg bersih, mata bersinar , otot yang masih bagus , nafas yg tidak bau, nafsu makan yang baik, tidur nyenyak , gesit dan seluruh organ fungsi tubuh berjalan normal.
  • Kesehatan Mental
            Jiwa yang sehat terdapat didalam tubuh yang sehat (men sana in copore sano) . Insan yang memiliki mental yang sehat antara lain merasa puas akan dirinya, tidak menyesal dan tidak kasihan berlebihan pada dirinya sendiri, santai , gembira dan menyenangkan serta tidak ada tanda konflik kejiwaaan.
       Mental yang sehat dapat dicirikan salah satunya dengan bergaul dg baik , serta dapat menerima keritikan dan tidak gampang tersinggung dan marah . Mempunyai rasa pengertian dan toleransi yg tinggi terhadap kebutuhan serta emosi orang lain.
Selain itu mental yang sehat juga dapat dicirikan dengan cara dapat mengontrol diri dengan baik . Tidak mudah takut tanpa alasan benci atau cemburu dan dapat menyelesaikan masalah dengan bijak dan hati-hati.
  • Kesejahteraan Sosial
         Batasan kesejahteraan sosial yang ada disetiap tempat atau negara ataupun daerah sulit diukur dan sangat tergantung pada kultur , kebudayaan dan tingkat kemakmuran masyarakat setempat dalam arti yang lebih jauh , kesejahteraan sosial adalah suasana kehidupan berupa perasaan aman , damai terpenuhi atau cukup pangan, sandang dan papan.Dala, kehidupan masyarakat yang sejahtera, masyarakat hidup tertib dan selalu menghargai kepentingan orang lain serta masyarakat umum.
  • Sehat Spiritual 
            Spiritual merupakan komponen tambahan pada definisi sehat WHO dan memiliki arti penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat . Spiritual yg dibahas disini tidak diartikan sebagai sebagai sesuatu yang berbau agama. Sehat spiritual ditandai dengan kemampuan seseorang untuk bersikap fleksibel dan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan , memiliki tingkat kesadaran yang tinggi , mampu menghadapi penderitaan dan rasa sakit , mampu mengambil pelajaran yang berharga dari suatu kegagalan , mampu mewujudkan hidup sesuai dengan visi dan misi, mampu melihat keterkaitan antara berbagai hal , mandiri , serta pada akhirnya membuat seseorang mengerti akan makna hidupnya.


             Keempat komponen ini dikenal sebagai sehat positif atau disebut "Positive Health" itulah oengertian sehat , bila salah satu aspek saja tidak terpenuhi maka tidak dapat dimasukkan dalam katagori sehat . Jadi orang sakit belum tentu sehat . Harus ditilik lebih lanjut apakah aspek tersebut terpenuhi atau tidak .

Sumber : http://kesehatan.maxnews.com/2012/09/definisi-sehat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar